Ada Banyak Studi Tentang Zika, WHO Dorong Pertemuan Ilmuwan Dunia

Ada Banyak Studi tentang Zika, WHO Dorong Pertemuan Ilmuwan Dunia – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

7994ffcb b6c7 400c b54c eac5f2ac5892 43 » Ada Banyak Studi Tentang Zika, WHO Dorong Pertemuan Ilmuwan Dunia

Jakarta, Studi virus Zika oleh berbagai peneliti dunia mulai banyak menghasilkan kesimpulan. Hasilnya hampir semua menyebut Zika menyebabkan berbagai kondisi mulai dari yang sering diduga seperti mikrosefali dan Guillain-Barre Syndrome (GBS) hingga ke kondisi lainnya seperti kalsifikasi otak, kerusakan plasenta, serta kematian janin.

Satu studi yang dilakukan oleh tim peneliti gabungan dari Johns Hopkins University, Florida State University, dan Emory University bahkan telah menemukan bukti bagaimana Zika dapat menyebabkan kerusakan.

Profesor Hengli Tang sebagai salah satu peneliti mengatakan virus Zika dapat secara selektif menyerang sel otak janin. Akibatnya sel menjadi mati, tak bisa membelah diri membangun jaringan seperti yang seharusnya.

Baca juga: Selain Aedes, Nyamuk Culex Diduga Bisa Sebarkan Zika

“Kami berusaha mengisi celah ilmu kosong yang menghubungkan infeksi Zika dan kecacatan neurologi. Studi ini adalah langkah pertama tapi menjawab pertanyaan penting, membantu kita untuk memfokuskan riset,” kata Prof Tang seperti dikutip dari DailyMail pada Senin (7/3/2016).

Terkait semakin banyaknya bukti yang terkumpul, World Health Organization (WHO) mendorong dibentuknya komite darurat yang terdiri dari ilmuwan-ilmuwan dunia untuk bertemu Selasa (8/3/2016). Pertemuan tersebut dilakukan untuk mengkaji seluruh studi yang ada dan merumuskan anjuran baru terkait virus Zika.

“Sejak WHO mengumumkan kondisi darurat kesehatan dunia pada Februari lalu, bukti bahwa memang ada hubungan kausal semakin menumpuk,” kata Direktur Wabah dan Kesehatan Darurat WHO Bruce Aylward beberapa waktu lalu.

“Yang paling penting dari hal itu adalah semua data bergerak ke satu arah yang sama dan oleh sebab itu kami memanggil lagi Komite Darurat untuk bertemu pekan depan dan melihat data,” pungkasnya.

Baca juga: Bukti Terkuat Zika Sebabkan Penyakit Saraf Ditemukan Ilmuwan Prancis(fds/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Ada Banyak Studi tentang Zika, WHO Dorong Pertemuan Ilmuwan Dunia ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.