ASI Eksklusif 6 Bulan Pangkas Risiko Penyakit Hati Pada Anak

ASI Eksklusif 6 Bulan Pangkas Risiko Penyakit Hati pada Anak – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

64746348 c226 4ec2 8b90 1d50ce48045e 169 » ASI Eksklusif 6 Bulan Pangkas Risiko Penyakit Hati Pada Anak

Jakarta, Sudah diketahui menyusui bayi selama enam bulan pertamanya dapat memberikan segudang manfaat. Nah, baru-baru ini studi menemukan manfaat terbaru mengonsumsi ASI pada bayi di awal kehidupannya, yaitu menurunkan risiko penyakit hati.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Western Australia menemukan bahwa menyusui secara eksklusif selama enam bulan, ditambah dengan ibu memiliki berat badan normal sebelum hamil, dapat menurunkan risiko anak-anaknya kelak terkena penyakit hati non-alcoholic fatty liver disease atau NAFLD.

NAFLD disebabkan oleh penumpukan lemak di hati dan sebagian besar muncul pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, termasuk sirosis, serta memiliki hubungan yang erat dengan penyakit-penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung dan stroke.

Baca juga: ASI Eksklusif dan Vaksinasi Turunkan Risiko Infeksi Telinga Bayi

Salah satu peneliti yang terlibat, Dr Oyekoya Ayonrinde, menyatakan bahwa menyusui secara eksklusif selama sedikitnya enam bulan mengurangi risiko NAFLD pada anak saat beranjak remaja.

Selama penelitian, data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan tes darah. Secara keseluruhan, jumlah anak-anak pengidap NAFLD yang disusui secara eksklusif lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang sejak kecil diberikan susu formula.

Selain menurunkan risiko penyakit hati, ASI eksklusif juga diketahui dapat menurunkan risiko infeksi telinga pada anak. Menurut dr Tasnee Chonmaitree dari University of Texas, memberikan ASI eksklusif pada anak dapat membantu memberikan perlindungan yang cukup terhadap bakteri Streptococcus pneumoniae yang bisa menginfeksi telinga, sinus, paru, dan darah.

“Orang tua disarankan memastikan anaknya mendapatkan vaksin seperti yang sudah direkomendasikan dan juga memberikan ASI yang sudah direkomendasikan. Jauhi paparan rokok terhadap anak dan hindari juga orang yang sedang pilek,” kata Chonmaitree seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/4/2016).

Baca juga: Lindungi Anak dari Hepatitis C, Ibu Wajib Berikan ASI(ajg/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang ASI Eksklusif 6 Bulan Pangkas Risiko Penyakit Hati pada Anak ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.