Dokter: Ginjal Butuh Air Putih, Bukan Yang Ditambah Zat-zat Lain

Dokter: Ginjal Butuh Air Putih, Bukan yang Ditambah Zat-zat Lain – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

9319c2d0 a2af 4368 9236 75e11f23b29d 169 » Dokter: Ginjal Butuh Air Putih, Bukan Yang Ditambah Zat-zat Lain

Jakarta, Agar berbagai organ vital tubuh bekerja dengan maksimal, tubuh memerlukan asupan hidrasi yang cukup. Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, Anda dianjurkan untuk minum cukup air putih. Namun, karena alasan bosan, tak sedikit yang memilih untuk menambahkan zat-zat lain termasuk pewarna, pemanis dan perasa tambahan pada air putih.

Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, Anda dianjurkan untuk minum cukup air putih dalam sehari. Namun, karena alasan bosan, tak sedikit yang memilih untuk menambahkan zat-zat lain termasuk pewarna, pemanis dan perasa tambahan pada air putih.

Padahal dengan begitu, manfaat sehat memenuhi kebutuhan cairan tubuh hampir tidak akan didapat. Bisa jadi justru tubuh berisiko mengidap penyakit lain seperti diabetes akibat dari konsumsi minuman tersebut.

Seperti disampaikan oleh ahli ginjal anak FKUI-RSCM, DR dr Sudung O. Pardede, SpA(K), bahwa air putih itu pada dasarnya untuk diminum langsung. Bukan untuk ditambah-tambah dengan zat lain.

Baca juga: Bibir Keriput? Mungkin karena Kurang Minum

“Yang kita butuhkan kan airnya, bukan zat penambahnya. Awalnya mau minum, kan jadi ikut masuk ke tubuh juga zat-zat penambahnya. Misalnya kalori dan gula,” ujar dr Sudung dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia 2016 di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Tanpa disadari, kebiasaan mengonsumsi minuman dengan zat pewarna dan perasa ini perlahan-lahan bisa membuat berat badan meningkat. Dalam jangka panjang, risiko penyakit seperti sakit jantung dan ginjal pun kemudian bisa menyerang. “Iya nanti jadi gemuk kan karena minum minuman bergula terus,” imbuhnya.

Dikutip dari  New York Times, peneliti sekaligus pakar diet bersertifikasi di CSIRO Animal, Food and Health Sciences, Pennie Taylor, menyarankan Anda untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari.

Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan Anda sangat aktif melakukan kegiatan. Sebaliknya, ketika suhu dingin, konsumsi air bisa dikurangi. banyak minum memang dianjurkan. Tapi ingat, sekitar 8 gelas sudah cukup karena jika berlebihan justru akan membebani ginjal.

Baca juga: Menggemaskan Sih, Tapi Anak Gemuk Lebih Berisiko Terkena Penyakit

(ajg/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Dokter: Ginjal Butuh Air Putih, Bukan yang Ditambah Zat-zat Lain ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.