Gemuk Dan Hipertensi, Begini Kriteria Orang Yang Rawan Diabetes

Gemuk dan Hipertensi, Begini Kriteria Orang yang Rawan Diabetes – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

fd4d1e72 8898 455c 9599 fd107ce6b9b3 43 » Gemuk Dan Hipertensi, Begini Kriteria Orang Yang Rawan Diabetes

Jakarta, Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa dikendalikan dengan menerapkan hidup sehat. Ada beberapa kriteria yang menandakan seseorang lebih rawan terkena diabetes. Apa saja?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam RSUP Persahabatan, dr Rochsismandoko, SpPD, KEMD, ada beberapa kriteria orang lebih berisiko untuk mengidap diabetes tipe 2. Kriteria tersebut salah satunya adalah bertubuh gemuk. Biasanya kondisi ini dinyatakan dengan berat badan yang melebihi 120 persen dari berat badan ideal.

Selain itu, kegemukan juga bisa ditandai dengan indeks massa tubuh (IMT) yang lebih dari 25 kg/m2.

Tak cuma kegemukan, mereka yang mengalami hipertensi, yang dinyatakan dengan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg juga menjadi salah satu faktor risiko diabetes. Risiko ini akan semakin meningkat jika terdapat riwayat keluarga yang mengidap diabetes juga.

Baca juga: Ini Alasannya Ibu Perlu Cek Gula Darah Saat Hamil

Bagi wanita, faktor risikonya bertambah yakni jika ia pernah melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg. Atau jika ia pernah dinyatakan mengalami diabetes saat kehamilan atau diabetes gestasional.

Risiko diabetes juga menghantui mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi, yakni gula darah puasa lebih dari 126 mg/dL atau kadar gula darah dua jam setelah makan lebih dari 200 mg/dL.

Gejala diabetes sendiri sebenarnya tidak spesifik, bahkan terkesan sangat ringan. Gejala khas diabetes di antaranya poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (sering lapar). Selain gejala khas, ada juga gejala tidak khas dari diabetes seperti kesemutan, gatal di daerah kelamin, keputihan, infeksi sulit sembuh, cepat lelah serta mudah mengantuk.

“Oleh sebab itu, kuncinya adalah gaya hidup sehat dan rajin bergerak. Sekarang semuanya serba mudah sih, mau berhentikan angkot di mana saja bisa tidak perlu di halte, lalu lapar tengah malam tinggal telepon delivery, orang jadi jarang bergerak,” tutur dr Rochsis dalam temu media di RSUP Persahabatan, Jakarta, pada Kamis (7/4/2016).(ajg/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Gemuk dan Hipertensi, Begini Kriteria Orang yang Rawan Diabetes ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.