Infeksi Ragi, Penyebab Kegagalan Transplantasi Rahim Pertama Di AS

Infeksi Ragi, Penyebab Kegagalan Transplantasi Rahim Pertama di AS – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

c89c51a6 7be5 473a 9b5d 71fad6e17dbc 43 » Infeksi Ragi, Penyebab Kegagalan Transplantasi Rahim Pertama Di AS

Washington DC, Pada Februari lalu, Lindsey McFarland (26) menjadi pasian pertama di Amerika Serikat yang menerima prosedur transplantasi rahim. Namun transplantasi ini gagal. Hasil investigasi mengungkap infeksi ragi vaginalah penyebabnya

Transplantasi rahim untuk Lindsey dilakukan oleh dokter dari Cleveland Clinic dengan menggunakan  organ dari donor yang telah meninggal selama sembilan jam. Dua pekan setelah menjalani prosedur transplantasi rahim, Lindsey berbicara di hadapan wartawan.

“Saat saya berusia 16 tahun, saya mendapat kabar tidak bisa hamil dan melahirkan anak. Saya berdoa kepada Tuhan agar bisa merasakan hamil, dan di sini kita berdiri di awal perjalanan menuju kehamilan,” tutur Lindsey yang sudah mengadopsi tiga anak laki-laki ini.

Akan tetapi, beberapa hari kemudian, rumah sakit mengumumkan Lindsey mengalami komplikasi yang menyebabkan rahim yang baru ditransplantasikan harus diangkat. dr Andreas Tzakis, ahli bedah di Cleveland Clinic memberikan pernyataan tentang komplikasi ini.

“Kami mengawasi Lindsey McFarland sedemikian ketat. Komplikasi ini adalah sebuah kejutan dan kami harus melakukan operasi darurat pengangkatan rahim untuk mencegah pasien masuk dalam kondisi berbahaya,” ujar dr Tzakis.

Saat itu, belum ada penjelasan lengkap tentang penyebab dari komplikasi. Tetapi, baru-baru ini, hasil investigasi tim dokter menemukan bahwa komplikasi pada Lindsey disebabkan oleh infeksi ragi vagina.

4c87d3a9 1cee 497a 9b6c 5b4d225991d4 43 » Infeksi Ragi, Penyebab Kegagalan Transplantasi Rahim Pertama Di ASLindsey McFarland saat jumpa pers. Foto: WJW/CNN

Baca Juga: Kisah Lindsey, Pasien Cangkok Rahim Pertama di Amerika Serikat

“Komplikasi disebabkan oleh infeksi ragi yang bernama Candida albicans, ragi ini terdapat pada banyak organ di dalam tubuh, terutama tubuh perempuan,” ucap dr Tzakis, dikutip dari CNN, Selasa (16/4/2016).

Lebih lanjut, dr Tzakis mengatakan bahwa jamur ini pada umumnya tidak menyebabkan masalah pada tubuh manusia, namun jika sistem imum tubuh sedang lemah, maka infeksi bisa terjadi. Pada kasus Lindsey, infeksi masuk dalam sirkulasi darah dan sampai di rahim.

“Candida albicans adalah spesies yang paling umum dari ragi yang dapat menyebabkan infeksi. Candida biasanya hidup di kulit dan membran mukosa tanpa menyebabkan infeksi,” sebut Centers for Disease and Prevention (CDC).

dr Tzakis menambahkan beberapa rumah sakit yang berharap bisa melakukan prosedur operasi ini untuk sementara ditahan sampai protokol baru terbit untuk mencegah komplikasi yang sama terjadi lagi. “Akan ada tindakan penggunaan obat anti jamur dan beberapa penyesuaian teknik agar prosedur ini berjalan lebih baik lagi,” tuturnya.

Cleveland Clinic adalah rumah sakit pertama yang melakukan cangkok rahim di Amerika Serikat. Sedangkan untuk cangkok rahim, dokter di Swedia telah melakukannya menggunakan organ donor dari orang yang masih hidup. Mereka berhasil melakukan 9 kali transplantasi rahim dan membantu lima persalinan dari pasien cangkok rahim.

Baca Juga: Kisah Aiden, Bayi yang Jantungnya Hanya Setengah karena Kondisi Langka

(vit/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Infeksi Ragi, Penyebab Kegagalan Transplantasi Rahim Pertama di AS ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.