Jangan Malas! Jarang Olahraga Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Jangan Malas! Jarang Olahraga Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2 – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

734e6ee6 a23e 443a 8c68 c46959a55cc8 43 » Jangan Malas! Jarang Olahraga Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Jakarta, Risiko diabetes tipe 2 biasanya dikaitkan dengan kegemukan dan berat badan berlebih. Padahal tak hanya itu, tak gemuk tapi jarang olahraga juga bisa meningkatkan risiko terserang diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan Dr Casey Crump dari Icahn School of Medicinie, New York, menyebut kebugaran tubuh dan kekuatan otot berpengaruh terhadap risiko terserang diabetes tipe 2. Mereka yang tubuhnya tak bugar dan kekuatan ototnya lemah disebut tiga kali lipat berisiko terserang diabetes ketika berumur di atas 45 tahun.

“Risiko ini tak hanya dimiliki oleh mereka yang bertubuh gemuk atau indeks massa tubuhnya di atas rata-rata. Mereka yang berat badannya normal namun tak bugar dan ototnya lemah juga memiliki risiko yang sama untuk terserang diabetes tipe 2,” tutur Dr Crump, dikutip dari Reuters, Selasa (8/3/2016).

Baca juga: Siapa Sangka, Minum Kopi Dapat Mengurangi Risiko Terserang 5 Penyakit Ini
http://health.detik.com/read/2016/03/06/120940/3158473/763/siapa-sangka-minum-kopi-dapat-mengurangi-risiko-terserang-5-penyakit-ini

Penelitian dilakukan dengan melihat data kesehatan satu juta calon tentara Swedia sejak tahun 1969 hingga 1997. Data menunjukkan rata-rata partisipan berusia 18 tahun dan tak memiliki riwayat diabetes.

Pada tahun 2012, ditemukan bahwa 2 persen atau kurang lebih 34.000 orang terdiagnosis diabetes. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa remaja 18 tahun yang tidak bugar dan tidak memiliki kekuatan otot berisiko tiga kali lipat lebih besar terserang diabetes.

“Remaja dan dewasa harus mempertahankan olahraga rutin, baik itu olahraga aerobik maupun olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot, dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menonton TV, video game, atau media sosial,” ungkap Crump dalam kesimpulan penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine.

Peter T. Katzmarzyk dari Pennington Biomedical Research Center, Louisiana, menyebut studi ini sebagai bukti pentingnya kebuagaran fisik. Sehingga konsep sehat yang ada di masyarakat tak hanya sebatas memiliki berat badan normal dan tak memiliki gejala penyakit.

“Penelitian lanjutan bisa dilakukan untuk menentukan apa dan berapa tingkat kebugaran yang dianjurkan agar terhindar dari diabetes,” tutupnya.

Baca juga: Hati-hati, Gaya Hidup Tak Sehat Tingkatkan Risiko Penyakit Tidak Menular
http://health.detik.com/read/2016/03/03/190228/3157036/763/hati-hati-gaya-hidup-tak-sehat-tingkatkan-risiko-penyakit-tidak-menular

(mrs/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Jangan Malas! Jarang Olahraga Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2 ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.