Kelamaan Berjemur Malah Hilangkan Vitamin D Dari Tubuh

Kelamaan Berjemur Malah Hilangkan Vitamin D dari Tubuh – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

6e40ba29 2e74 4a85 bd77 3cbb9844210d 43 » Kelamaan Berjemur Malah Hilangkan Vitamin D Dari Tubuh

Recife, Brazil , Vitamin D bisa diperoleh dengan mudah saat kita beraktivitas di luar ruangan (outdoor). Berjemur sebenarnya juga bisa jadi pilihan, namun peneliti tak sependapat dengan kegiatan ini.

Beberapa waktu lalu University of Pernambuco Medical School, Recife, Brazil melakukan penelitian dengan melibatkan 1.000-an orang berumur 13-82 tahun. Tiap partisipan diminta terpapar sinar matahari setiap hari, tanpa menggunakan tabir surya ataupun mengonsumsi suplemen vitamin D.

Peneliti kemudian juga menggunakan skala khusus untuk menentukan jenis dan warna kulit partisipan. Dengan begitu mereka dapat mengetahui respons dari masing-masing jenis kulit terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).

Setelahnya baru peneliti mencoba mengamati berapa banyak kandungan vitamin D dalam tubuh mereka, lalu membandingkannya dengan berapa lama mereka berjemur.

Baca juga: Pagi atau Siang Hari, Mana yang Lebih Baik untuk Berjemur?

Hasilnya mengejutkan, 72 persen partisipan dinyatakan kekurangan vitamin D. Rata-rata dialami oleh mereka yang lanjut usia atau jarang berada di luar rumah. Namun peneliti juga menemukan bahwa mereka yang sering terpapar sinar matahari merasakan hal serupa. Bahkan kandungan vitamin D dalam tubuhnya dilaporkan lebih rendah dari rata-rata.

“Nampaknya saat kulit berubah menjadi gelap akibat berjemur terjadi pelepasan pigmen yang justru menghambat produksi vitamin D,” jelas peneliti, Dr Francisco Bandeira seperti dilaporkan The Sun.

Akan tetapi Bandeira menegaskan, kondisi ini hanya terjadi bila seseorang berjemur terlalu lama. Itulah mengapa berjemur baiknya dilakukan di pagi hari dengan durasi tak lebih dari 15-20 menit saja.
 
Baca juga: Bisa Dapat Vitamin D, Tidak Apa-apa Kok si Kecil Main di Luar Rumah

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sebuah studi mengungkap, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, multiple sclerosis, diabetes dan sejumlah kanker seperti kanker payudara ataupun kanker usus.

Selain dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan seperti minyak ikan, daging dan telur, meski kandungannya tidak sebanyak ketika terpapar matahari langsung.

(lll/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Kelamaan Berjemur Malah Hilangkan Vitamin D dari Tubuh ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.