Kemendikbud Kucurkan Rp 1,9 Miliar Untuk Rayakan Hari Film Nasional

Kemendikbud Kucurkan Rp 1,9 Miliar untuk Rayakan Hari Film Nasional – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Hiburan.

85109d52 9780 486f b3c2 b4440ac9ad39 169 » Kemendikbud Kucurkan Rp 1,9 Miliar Untuk Rayakan Hari Film Nasional

Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap menyambut momen Hari Film Nasional pada 30 Maret mendatang. Serangkaian acara mulai digelar menuju momen puncaknya di akhir Maret hingga awal April tersebut.

Setidaknya ada tujuh rangkaian acara yang akan dilangsungkan yang diawali dengan workshop dan diakhiri dengan pesta rakyat. Demi terselenggaranya acara secara tepat dan juga meriah, Kemendikbud mengeluarkan dana yang tak sedikit.

“Anggaran kita sekitar Rp 1,9 miliar untuk tahun ini. Karena di antara acara yang berlangsung akan ada roadshow ke beberapa daerah serta dibukanya kelas inspirasi,” ujar Maman Wijaya, ketua panitia acara Hari Film Nasional 2016 di Gedung Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Selatan.

Bertema ‘Film Indonesia adalah Kita’, Kemendikbud bersama Badan Perfilman Indonesia menjanjikan tahun ini acara yang digelar akan melibatkan publik lebih dekat. Berikut rangkaian acara yang telah disusun:

1. Workshop
Festival film tahunan diharapkan akan menjadi acara rutin yang digelar tiap tahun. Workshop yang diisi oleh perwakilan sineas, pekerja film, pemerintah , juga akademisi akan menyusun cetak biru tentang festival yang dapat digelar oleh kaum muda. Workshop dilangsungkan pada 12 dan 13 Maret 2016.

2. Roadshow
Komunitas film di lima kota terpilih di antaranya Jember, Sumbawa, Balikpapan, Banda Aceh, dan Parigi akan didatangi oleh tim Hari Film Nasional. Dalam pertemuan tersebut akan digelar pemutaran film juga diskusi, juga bedah film bersama sutradara asing asal Iran. Roadshow akan digelar mulai 12 Maret hingga 25 Maret 2016.

3. Kelas Inspirasi Sinema
Kemendikbud juga melakukan kunjungan ke 20 SMA/SMK di Jakarta dan 10 SMA/SMK di kota Bandung. Kunjungan yang diberi nama Kelas Inspirasi Sinema ini menjadi temu tanya-jawab yang dilakukan para pelajar dengan sineas juga artis. Sineas yang ikut serta dalam Kelas Inspirasi Sinema di antaranya Joko Anwar juga Swastika Nohara penulis naskah film ‘Cahaya dari Timur: Beta Maluku’.

4. Penyerahan cetak biru festival film kaum muda dan Panitia Hari Film Nasional 2016 pada Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud akan digelar pada 30 Maret. Tak hanya itu, akan ada juga apresiasi Sineas Sepuh Indonesia. Seperti tahun sebelumnya piala Antemas juga akan dilangsungkan bagi film Indonesia terlaris 2015.

5. Ingin bernostalgia dengan film lawas Tanah Air? Kemendikbud juga menggelar acara nonton bareng di bioskop Metropole XXI, Cikini, 30 Maret mendatang. Catat, nonton bareng ini akan digelar mulai pukul 20.00 WIB.

6. Parade Film Pendek
Rangkaian acara yang satu ini akan menjadi salah satu hiburan alternatif bagi masyarakat termasuk memberi ruang pada film pendek. Acara ini akan diadakan pada 31 Maret dan 1 April 2016 di beberapa rusunawa Jakarta. Di antaranya rusunawa Marunda, juga Tanah Tinggi.

7. Pesta Rakyat
Menutup rangkaian Hari Film Nasional, Kemendikbud menggelar Pesta Rakyat yang dilaksanakan pada 2 dan 3 April mendatang. Siapapun dapat ikut serta dalam perayaan tersebut. Eksibisi perjalanan sejarah film Indonesia hingga nonton bareng film Indonesia juga akan digelar.

cleardot » Kemendikbud Kucurkan Rp 1,9 Miliar Untuk Rayakan Hari Film Nasional

(doc/mmu)

Sumber: http://hot.detik.com
Artikel tentang Kemendikbud Kucurkan Rp 1,9 Miliar untuk Rayakan Hari Film Nasional ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Hiburan, terima kasih telah meluangkan waktunya.