Ketika Diabetes Menyerang, Gigi Juga Bisa Jadi Sakit

Ketika Diabetes Menyerang, Gigi Juga Bisa Jadi Sakit – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

aa555de5 6faa 4327 996f f49156acd2fa 169 » Ketika Diabetes Menyerang, Gigi Juga Bisa Jadi Sakit

Jakarta, Seseorang dengan diabetes, bila gula darahnya dibiarkan tinggi terlalu lama maka ia bisa terkena berbagai komplikasi. Pelan-pelan tubuhnya rusak dan salah satu gejala tersebut tak menutup kemungkinan bisa juga ke masalah gigi.

Pada peringatan Hari Kesehatan Dunia di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, dr Mohammad Firas dari Brawijaya Clinic menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Menurutnya gula darah tinggi dapat mempermudah timbulnya infeksi pada luka dan bila kebetulan terjadi di mulut maka tentu hal tersebut dapat menyebabkan sakit gigi.

“Apabila gula darah sering tinggi memang pada umumnya infeksi-infeksi akan mudah timbul. Kalau sudah seperti itu maka biasanya akan ada gingivitis atau radang di gusi,” kata dr Firas, Minggu (10/4/2016).

“Gigi nantinya akan mudah goyang,” lanjutnya.

Baca juga: Tak Hanya Sikat Gigi, Bakteri Juga Bisa Menular Lewat Pasta Gigi

dr Firas sendiri adalah seorang pengidap diabetes. Dirinya terkena diabetes tipe 1 sejak usia 14 tahun dan harus rutin mendapatkan suntik insulin agar gula darahnya terkontrol selain dengan menjaga gaya hidup sehat.

Oleh karena itu ia tahu betul bagaimana rasanya harus ‘berkawan’ dengan sang penyakit. Diabetes tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol dan bila berhasil pengidap dapat hidup normal seperti layaknya orang lain bukan pengidap.

“Usahakan setiap setahun sekali cek darah cek kesehatan. Kalau misal ada sesuatu yang aneh, ada gejala, enggak usah nunggu satu tahun langsung periksa,” tutup dr Firas.

Baca juga: Efek ‘Berbagi’ Sikat Gigi dengan Orang Lain bagi Kesehatan Gigi

(fds/ajg)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Ketika Diabetes Menyerang, Gigi Juga Bisa Jadi Sakit ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.