Menhub Tunjuk PT Pelni Gantikan KSOP Muara Angke

Menhub Tunjuk PT Pelni Gantikan KSOP Muara Angke – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Nasional.

1427254IMG 20170102 130028780x390 » Menhub Tunjuk PT Pelni Gantikan KSOP Muara Angke

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan menunjuk PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk menggantikan Kesyahbanadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke.

Hal itu dilakukan menyusul tewasnya 23 penumpang saat insiden terbakarnya kapal motor (KM) Zahro Express, Minggu (1/1/2017).

Budi menjelaskan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan serta keamanan di pelabuhan tersebut. Adapun KSOP Muara Angke saat ini telah dinonaktifkan.

“Kami akan tingkatkan level of service dengan menunjuk Pelni untuk menggantikan bersamaan dengan kapal rakyat,” ujar Budi usai di RSPAD, Jakarta Pusat, Senin (2/1/2017).

Budi menambahkan, PT Pelni akan segera menggantikan KSOP dalam tiga hari ke depan. Pergantian ini, kata Budi bersifat permanen.

PT Pelni akan mulai mengklasifikasikan kapal rakyat yang layak untuk beroperasi di perairan Muara Angke.

Jika nantinya di lapangan ditemuakan kapal yang tidak layak, maka PT Pelni berhak untuk tidak memberikan izin berlayar bagi kapal tersebut.

“Dalam waktu pendek ini (Pelni) akan meneliti kapal-kapal yang beroperasi di sana. Jumlah kapal yang dinyatakan safe dan secure dan bisa melayani masyarakat kami kasih kesempatan, tapi jika tidak (layak) kami persilakan mereka tidak beroperasi,” ujar Budi.

Seperti diketahui, Kapal Motor (KM) Zahro Express terbakar saat hendak menuju Pulau Tidung dari Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu pagi.

Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena arus pendek dari mesin kapal. Dari data BNPB, jumlah penumpang yang meninggal akibat insiden ini sebanyak 23 orang.

Korban meninggal rata-rata mengalami luka bakar 100 persen. Pihak BNPB masih berusaha menyisir perairan di sekitar Muara Angke untuk menemukan korban yang masih hilang.

Kompas TV Kapolda Metro Jaya: Korban Kapal Tewas Alami Luka Bakar

 

Sumber: http://nasional.kompas.com
Artikel tentang Menhub Tunjuk PT Pelni Gantikan KSOP Muara Angke ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Nasional, terima kasih telah meluangkan waktunya.