Minuman Beralkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Masih Mau Minum?

Minuman Beralkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Masih Mau Minum? – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

da7869b1 a799 41f5 b4d3 4c79482e08df 169 » Minuman Beralkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Masih Mau Minum?

Jakarta, Mau terhindari dari peningkatan risiko penyakit seperti kanker payudara? Salah satu langkah sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari asupan minuman beralkohol.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One menyebutkan bahwa alkohol meningkatkan respons estrogen dalam mendorong pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain itu, alkohol juga dapat mengurangi efek dari beberapa jenis obat kanker.

“Tingkat yang lebih tinggi dari hormon estrogen berhubungan dengan risiko kanker payudara yang lebih besar,” tutur Chin-Yo Lin, peneliti dari University of Houston, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (16/3/2016).

Baca juga: Pengobatan Kanker Payudara Pria dan Wanita Tak Bisa Dipukul Rata, Ini Sebabnya

Paparan alkohol dalam jangka panjang juga diketahui dapat memengaruhi beberapa mekanisme tubuh terkait kanker. Oleh sebab itu, Lin menganjurkan bagi Anda yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol untuk segera menghentikannya.

Selain minum minuman beralkohol, faktor lain yang berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara adalah kegemukan.

Seperti telah dipublikasikan dalam Journal of Cancer Research, peneliti dari University of Miami dan University of Granada menemukan bahwa lemak yang mengelilingi tumor atau disebut juga lemak peritumoral, sangat mungkin untuk melebar dan menyatu dengan sel induk kanker. Sel ini sendiri berkaitan langsung dengan pertumbuhan tumor.

Sel-sel kanker ini memang ditemukan pada tumor dalam jumlah kecil, namun jumlahnya bisa membesar bergantung pada gaya hidup orang tersebut. Yang mengkhawatirkan, kemoterapi dan radioterapi konvensional tidak mampu menghilangkan sel-sel ini. Inilah sebabnya setelah tahap pertama pengobatan, seringkali kanker kambuh kembali.

Baca juga: Ilmuwan Klaim Tak Sengaja Temukan Obat yang Bisa Lenyapkan Kanker Payudara

(ajg/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Minuman Beralkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Masih Mau Minum? ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.