Pada Beberapa Orang, Kolesterol ‘Baik’ Kadang Tak Selalu Baik

Pada Beberapa Orang, Kolesterol ‘Baik’ Kadang Tak Selalu Baik – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

e32b8b39 90c3 4393 977e 5d6b1b12b4a5 43 » Pada Beberapa Orang, Kolesterol 'Baik' Kadang Tak Selalu Baik

Jakarta, Di dalam tubuh bisa dibilang ada pertarungan antara kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dengan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol jahat membuang materi lemak di arteri sementara kolesterol baik membawa materi lemak ke hati.

Oleh karena itu sering dibilang bahwa makanan yang tinggi kolesterol baik seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Namun demikian ketika peneliti dengan sengaja meningkatkan HDL memakai obat, tak semuanya berhasil mengurangi risiko penyakit.

Apa yang menyebabkan hal ini terjadi tengah diteliti dan petunjuk mengarah pada mutasi langka gen bernama SCARB1 pada beberapa orang. Mutasi gen tersebut membuat HDL dalam tubuh menjadi tinggi tetapi tak efektif karena hilang kemampuannya menarik lemak ke hati.

Baca juga: Mau Turunkan Kolesterol dan Cegah Penyakit Jantung? Yuk Makan Alpukat!

Profesor Adam Butterworth dari University of Cambridge selaku salah satu peneliti mengatakan orang dengan mutasi SCARB1 risiko untuk serangan jantungnya tinggi. Ada peningkatan risiko serangan jantung hingga 80% meski rata-rata tingkat kolesterol baiknya di atas kebanyakan orang umumnya.

“Ini adalah temuan signifikan karena selama ini kita percaya bahwa kolesterol baik diasosiasikan dengan risiko penyakit jantung yang minim,” kata Butterworth seperti dikutip dari BBC pada Jumat (11/3/2016).

“Ini studi pertama yang menunjukkan bahwa pada beberapa orang kolesterol baik yang tinggi malah meningkatkan risiko sakit jantung. Jadi melawan pengetahuan konvensional tentang apakah kolesterol baik ini benar bisa melindungi orang dari penyakit jantung atau tidak,” lanjutnya.

Saran yang diambil peneliti dalam studi yang dilaporkan di jurnal Science ini adalah melakukan skrining genetik untuk orang dengan kadar kolesterol baik tinggi. Gunanya untuk mengetahui apakah seseorang benar memang sehat atau ada mutasi yang menyebabkannya.

Baca juga: Tips Agar Jantung Tetap Sehat(fds/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Pada Beberapa Orang, Kolesterol ‘Baik’ Kadang Tak Selalu Baik ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.