Peneliti: LSD Membuat Otak Manusia Dewasa Menjadi Seperti Bayi

: LSD Membuat Otak Manusia Dewasa Menjadi Seperti – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan .

c59b88c9 f410 4d13 a10a 4ca0def2fa00 43 » Peneliti: LSD Membuat Otak Manusia Dewasa Menjadi Seperti Bayi

, LSD (Lysergic acid diethylamide) merupakan salah satu jenis narkoba yang berbahaya. Zat yang juga dikenal dengan nama acid atau smile ini tergolong dalam golongan I yang bisa mengakibatkan halusinasi parah.

Dr Robin Carhart-Harris dari Department of Medicine, Imperial College London, mengaku penasaran dengan proses bagaimana LSD memengaruhi otak. Seperti diketahui, pemakai LSD biasa merasakan halusinasi dengan melihat -warna, merasa menyatu dengan alam dan sering mengaku mendapat pencerahan spiritual.

Menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) dan magnetoencephalography (MEG), Dr Robin dan rekan-rekannya melihat efek yang ditimbulkan LSD kepada otak sekelompok relawan. Salah satu hasil yang mengejutkan adalah LSD membuat kondisi otak orang dewasa menjadi seperti otak bayi!

Baca juga: 5 Fakta Seputar Magic Mushroom yang Belum Banyak Diketahui

“Normalnya, otak kita terdiri dari jaringan-jaringan independen yang memiliki fungsi dan spesialisasi masing-masing. Ada jaringan yang berfungsi untuk melihat, jaringan lain untuk bergerak, dan ada pula jaringan yang fungsinya untuk mengatur pendengaran. Jaringan-jaringan ini berdiri sendiri dan membentuk kompartemennya masing-masing,” tuturnya, dikutip dari Medical Daily, Rabu (13/4/2016).

Namun ketika menggunakan LSD, tembok-tembok kompartemen ini seakan-akan runtuh. Mengakibatkan jaringan otak berbenturan satu sama lain yang membuat otak seperti terintegrasi atau menyatu.

Hal ini menyebabkan hilangnya sebagian konteks kesadaran (ego-dissolution) yang membuat pemakai LSD seakan-akan menyatu dengan alam. Pemindaian melalui MRI dan MEG mengungkap bahwa otak pemakai LSD berbeda dengan otak orang dewasa pada umumnya.

“Otak mereka tidak lagi terpisah menjadi banyak kompartemen. Batas-batas tersebut menghilang dan membuat otak menjadi seperti otak bayi, bebas dan tidak terikat,” papar dr Robin.

Professor David Nutt, juga dari Imperial College London, mengatakan penelitian soal efek LSD untuk otak sudah berjalan lebih dari 50 tahun. Dengan adanya temuan ini, diharapkan misteri seputar efek LSD untuk otak bisa sedikit terungkap.

“Dengan mengetahui bagaimana LSD memengaruhi otak, kita bisa memanfaatkannya untuk bidang psikiatri. Misalnya di masa depan, LSD diharapkan bisa membantu mengatasi masalah depresi,” tuturnya.

Baca juga: LSD Memang Tak Bikin Ketagihan, Tapi Tetap Berbahaya(mrs/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Peneliti: LSD Membuat Otak Manusia Dewasa Menjadi Seperti Bayi ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.