Ruth Jahja-Daro, Seniman Kaligrafi Yang Eksis Di Instagram Dan Mendunia

Ruth Jahja-Daro, Seniman Kaligrafi yang Eksis di Instagram dan Mendunia – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Hiburan.
Jakarta

Seniman kaligrafi di Indonesia mulai berjamuran dan terkenal di ranah sosial media. Komunitas maupun akun personal pun eksis menyebarkan virus seni menulis indah selama beberapa tahun belakangan. Bermodalkan kertas dan pena khusus untuk kaligrafi, satu per satu nama mereka mendunia dan kian dikenal. Salah satunya, Ruth Jahja-Daro.

Perempuan kelahiran Jakarta, 9 Juni 1988 silam di Instagram dikenal dengan nama @seniman_calligraphy. Ruth bercerita sejak kuliah interior design dan fine arts, ia mulai belajar menggambar dengan beragam medium. Mulai dari charcoal, pencil, watercolor, gouache, acrylic, dan sebagainya.

“Setiap Natal, aku selalu semangat menulis kartu dan bungkus kadonya. Setelah bekerja, iseng-iseng belajar calligraphy. Awalnya cuma untuk tambah uang jajan, tapi sekarang jadi sibuk,” ujar Ruth yang kini berdomisili di Los Angeles, Amerika Serikat.

Simak: Tren Seni Kaligrafi untuk Kartu Undangan Pernikahan

Menurutnya, ‘wedding calligraphy’ paling cocok untuk menerapkan kemampuan dan hobi menggambar Ruth. “Karena bisa mengaplikasikan line drawing, illustration, dan watercolor,” katanya.

d96de7df b1a4 4184 a9a0 6323adb5f4e6 » Ruth Jahja-Daro, Seniman Kaligrafi Yang Eksis Di Instagram Dan Mendunia
Dok. Steve Torres Photography

Selain itu, Ruth pun harus menggunakan Adobe design software. Namun, terkadang ia bisa mengaplikasikan ilmu yang dipelajarinya di interior design. “Karena rekomendasi warna harus disesuaikan dengan lokasi dan tema. Jadi tidak terbatas untuk menulis calligraphy saja.”

Penggemar Ruth tak sebatas dari Negeri Paman Sam saja. Tapi pengikutnya di Instagram berasal dari segala penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Ruth pernah menggelar workshop ‘wedding calligraphy’ di Ubud, Bali dan di kawasan tempat tinggalnya.

Lalu, apa yang membedakan gaya wedding calligraphy ciptaannya dengan seniman lainnya?

“Untuk style, aku lebih fluid dari traditional copperplate calligraphy tapi tidak terlalu bebas. So, it’s still beautiful and formal enough for different wedding style with a few minor tweaking,” ujar lulusan Interior Architecture, Woodbury University.

Simak artikel berikutnya!

(tia/ron)

Sumber: http://hot.detik.com
Artikel tentang Ruth Jahja-Daro, Seniman Kaligrafi yang Eksis di Instagram dan Mendunia ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Hiburan, terima kasih telah meluangkan waktunya.