Saat Usus Diketahui Lebih Panjang Dari Rata-rata, Pertanda Ada Masalah?

Saat Usus Diketahui Lebih Panjang dari Rata-rata, Pertanda Ada Masalah? – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

868b2b3b 0ba2 4acf bf53 fd052da1a282 43 » Saat Usus Diketahui Lebih Panjang Dari Rata-rata, Pertanda Ada Masalah?

Jakarta, Saat usus dinyatakan lebih panjang dari ukuran rata-rata, mungkin kekhawatiran akan timbul. Apakah panjangnya usus ini merupakan pertanda adanya masalah?

dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, konsultan bedah digestif (saluran cerna) dan laparoskopi di RSUP Persahabatan menjelaskan meski seseorang memiliki usus lebih panjang dari yang lain, yang bersangkutan masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Menurutnya, variasi panjang usus tidak bermasalah selama tidak ada penyakit yang ditimbulkan akibat perbedaan itu.

“Ya nggak dong, tidak ada kelainan. Tuhan itu Maha Besar, sudah memberikan yang terbaik bagi manusia,” ucap dr Errawan saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/4/2016).

Baca Juga: Catat! 4 Gejala Kanker Usus Besar Ini Wajib Anda Periksakan ke Dokter

Lalu, apa yang menyebabkan usus manusia bisa lebih panjang daripada umumnya? Dihubungi terpisah, dr Agastjya Wisjnu Wardhana, SpPD, FINASIM menjelaskan manusia memang memiliki panjang usus yang berbeda-beda. Perbedaan itu antara lain tergantung postur tubuh masing-masing orang.

“Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh tinggi badan dan berat badan, bisa jadi juga tidak. Misalnya, pada orang pendek jika badannya gemuk maka ususnya bisa panjang,” jelas dr Agastjya yang berpraktik di RS Polri Kramadjati ini.

dr Errawan menambahkan seseorang dengan tinggi 1,6 meter, maka panjang ususnya berbeda dengan orang yang tingginya 1,8 meter. “Selain faktor tinggi badan, benar jika dikatakan bahwa berat badan akan memengaruhi panjang usus itu sendiri. Alasannya, manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan, kaki dan tangan saja bisa berbeda-beda besarnya, apalagi usus,” tutur dr Errawan yang juga berpraktik di RS Premier Bintaro.

Lalu sebenarnya, berapa panjang normal dari usus? “Rata-rata 9 meter secara keseluruhan dari usus halus sampai usus besar. Untuk per bagian tidak bisa didefinisikan dikarenakan batas-batasnya tidak terlalu tampak,” terang dr Agastjya.

Baca Juga: Dokter: Tak Semua Pasien Kanker Usus Besar Harus Gunakan Stoma Seumur Hidup(vit/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Saat Usus Diketahui Lebih Panjang dari Rata-rata, Pertanda Ada Masalah? ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.