Sanjung Ahok, Darmin: Jakarta Relatif Lebih Baik

Sanjung Ahok, Darmin: Jakarta Relatif Lebih Baik – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Bisnis.

c6875c4e 11a3 4480 be7a 5bac4a581450 169 » Sanjung Ahok, Darmin: Jakarta Relatif Lebih Baik

Jakarta -Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution menyanjung kinerja perekonomian DKI Jakarta yang cukup baik pada 2015. Pertumbuhan ekonomi Jakarta mampu mencapai 5,88% atau di atas rata-rata nasional yang sebesar 4,8%.

“Saya betul-betul terkesan dengan uraian bapak Gubernur. Itu tunjukkan beliau sangat menggeluti setiap area yang ada di bawah tanggung jawab beliau,” ungkap Darmin saat memberikan paparan dalam acara Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Provinsi DKI Jakarta di Kantor Balai Kota, Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Darmin menjelaskan, tingginya pertumbuhan ekonomi DKI memang dikarenakan banyak masyarakat yang hidup di atas rata-rata nasional. Apalagi dengan kondisi inflasi yang juga terjaga rendah.

“Jakarta relatif lebih baik. Dia ada di atas rata-rata nasional. Itu memang sudah sewajarnya karena Jakarta itu sebagai daerah khusus memang tempat bermukim banyak orang di atas rata-rata,” paparnya.

Pada sisi kependudukan, Darmin menjelaskan tingkat ketergantungan antara individu juga sangat baik. Data mencatat jumlah orang bekerja lebih banyak dibandingkan yang tidak bekerja.

“Itu yang dibutuhkan agar bonus demografi bisa diwujudkan. Kalau seperti situasi nasional, orang yang bekerja masih kecil dibandingkan yang tidak, maka dari itu kita belum siap untuk mewujudkan bonus demografi,” terangnya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) menambahkan, indeks pembangunan manusia sudah mencapai level 78,39 atau lebih tinggi dari rata-rata nasional 68,9. Meskipun kondisi gini rasio masih perlu banyak perbaikan.

“Gini rasio adalah indikator terhadap kemiskinan. Makin tinggi angkanya maka makin timpang. Makin rendah itu makin merata. Tahun terakhir DKI sudah dalam posisi sedikit lebh baik dari nasional, tapi tetap dalam level yang tinggi,” kata Darmin.

(mkl/hns)

Sumber: http://finance.detik.com
Artikel tentang Sanjung Ahok, Darmin: Jakarta Relatif Lebih Baik ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Bisnis, terima kasih telah meluangkan waktunya.