Sebuah Penelitian Kaitkan Diet Vegetarian Dengan Peningkatan Risiko Penyakit

Sebuah Penelitian Kaitkan Diet Vegetarian dengan Peningkatan Risiko Penyakit – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

3b197b2c 8dc4 408c a994 82347f5f5dda 169 » Sebuah Penelitian Kaitkan Diet Vegetarian Dengan Peningkatan Risiko Penyakit

Jakarta, Diet vegetarian menjadi pilihan beberapa orang untuk menurunkan berat mereka. Sayangnya, pola makan yang mulai digemari ini ternyata dapat memiliki efek buruk terhadap tubuh, terlebih bila dilakukan dalam jangka panjang.

Dikutip dari Telegraph, Minggu (3/4/2016), para peneliti dari Cornell University membuktikan bahwa diet vegetarian dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker usus besar. Hal tersebut dikarenakan peningkatan mutasi genetika pada tubuh seseorang.

Para ilmuwan tersebut percaya bahwa mutasi terjadi untuk membuatnya lebih mudah untuk menyerap asam lemak esensial dari makanan. Namun, diet vegetarian ternyata memiliki efek knock-on yang akan meningkatkan produksi asam arakidonat.

Jenis asam ini dikenal dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Bila digabungkan dengan diet vegetarian dengan minyak sayur, seperti minyak bunga matahari, gen ini akan bermutasi cepat mengubah asam lemak menjadi asam arakidonat berbahaya.

Lebih buruk, mutasi juga menghambat produksi asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk memproteksi diri dari penyakit jantung.

“Disarankan bagi mereka yang vegetarian, gunakan minyak nabati yang rendah omega-6 seperti minyak zaitun,” kata Tom Brenna, Professor of Human Nutrition at Cornell University, Amerika Serikat.

Baca juga: Bingung Pilih Diet, Perbanyak Makan Sayur Lebih Efektif Pangkas Berat Badan 

Penelitian terpisah yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa diet tinggi buah dan sayuran dapat berdampak pada kesuburan. Hal tersebut dikarenakan efek dari tingginya pestisida yang dikonsumsi seseorang.

Studi lainnya, juga mengatakan bila mereka yang memilih pola makan vegetarian akan cenderung memiliki kepadatan mineral tulang 5 persen lebih rendah dibandingkan non-vegetarian. Namun, di balik efek buruknya, penelitian lain menunjukkan bila vegetarian mampu menurunkan risiko diabetes, stroke, dan obesitas.(up/up)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Sebuah Penelitian Kaitkan Diet Vegetarian dengan Peningkatan Risiko Penyakit ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.