Studi: Konsumsi Fast Food Bikin Seseorang Rentan Terpapar Bahan Plastik

Studi: Konsumsi Fast Food Bikin Seseorang Rentan Terpapar Bahan Plastik – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Kesehatan.

ad670c44 6695 487a bc4a 944330437fb0 43 » Studi: Konsumsi Fast Food Bikin Seseorang Rentan Terpapar Bahan Plastik

Jakarta, Makanan cepat saji meski menggoda selera namun tak baik untuk kesehatan. Bila sering dikonsumsi, efeknya terhadap tubuh bisa beragam mulai dari menaikkan tingkat kolesterol hingga meningkatkan paparan terhadap bahan kimia berbahaya.

Seperti yang telah ditemukan oleh studi terbaru para peneliti di Amerika Serikat. Laporan di jurnal Environmental Health Perspectives melihat bahwa makanan cepat saji dapat membuat seseorang lebih rentan terpapar bahan kimia pembuat plastik bernama phthalate.

Phthalate sendiri pada tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah seperti gangguan reproduksi, gangguan saraf, keguguran, dan kelahiran prematur.

Baca juga: Kandungan Plastik Pengaruhi Pembentukan Genital Anak Laki-laki

Phthalate diketahui ada juga pada lem, deterjen, pelumas, dan plastik pada umumnya. Lembaga Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut biasanya seseorang terpapar phthalate ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang wadahnya plastik.

Nah pada studi, peneliti melihat data konsumsi makanan cepat saji dari 8.000 partisipan dan kemudian membandingkannya dengan data hasil tes urine. Hasilnya ditemukan partisipan yang dua per tiga sumber kalorinya dari makanan cepat saji memiliki tingkat phthalate lebih tinggi sekitar 24-39 persen dibandingkan partisipan lain.

“Kami menemukan asosiasi yang signifikan menunjukkan bahwa semakin banyak makanan cepat sajo dikonsumsi seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat phthalatenya yang diketahui digunakan pada kemasan makanan,” kata pemimpin studi Ami R. Zota dari George Washington University seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/4/2016).

Baca juga: Agar Peralatan Makan dari Plastik Tak Bahayakan Kesehatan, Ini Triknya

(fds/vit)

Sumber: http://health.detik.com
Artikel tentang Studi: Konsumsi Fast Food Bikin Seseorang Rentan Terpapar Bahan Plastik ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Kesehatan, terima kasih telah meluangkan waktunya.