Tolak Pemberitaan “Mudik Maut”, Polri Telusuri Data Pemudik Tewas

Tolak Pemberitaan “Mudik Maut”, Polri Telusuri Data Pemudik Tewas – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Nasional.

2151318brebes macet780x390 » Tolak Pemberitaan "Mudik Maut", Polri Telusuri Data Pemudik Tewas

JAKARTA, KOMPAS.com – Polri masih menelusuri soal informasi adanya korban tewas saat arus mudik Lebaran lalu lantaran kemacetan parah di Tol Brebes Timur. Namun, informasi sementara yang diterima Polri, tidak ada pemudik yang meninggal dunia di tol tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Pol Agus Rianto mengaku telah memastikan informasi tersebut kepada posko penjagaan di wilayah Brebes.

“Kejadian itu sebenarnya tidak ada. Data yang kami dapat untuk korban meninggal di jalan tol, sampai saat ini belum kami temukan,” ujar Agus di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

(baca: Fahri Hamzah: Ini Masalah Nyawa, Seharusnya Menteri Jokowi Mundur Semuanya)

Menurut Agus, data 17 korban tewas tersebut merupakan akumulasi kecelakaan lalu lintas yang terjadi di luar jalan tol Brebes Timur.

Ia mengatakan, ada pemudik yang meninggal setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit setempat. Kemudian, ada juga yang meninggal karena kecelakaan motor yang dipastikan bukan terjadi di jalan tol Brebes.

Meski begitu, ia memastikan bahwa pihaknya menelusuri kepastian informasi tersebut hingga ke keluarga korban. Langkah itu dilakukan atas instruksi Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Polri keberatan atas pemberitaan yang menyebut mudik maut. (Baca: Pimpinan MPR Minta Pemerintah Sampaikan Maaf soal Korban Saat Macet Arus Mudik)

“Kami akan telusuri ke pihak keluarga. Kami minta teman di wilayah untuk koordinasikan seperti apa,” kata Agus.

“Ini menjadi perhatian penuh Kapolri. Di media ditulis ‘mudik maut’, ini membesar-besarkan,” lanjut dia.

Sebanyak 17 pemudik meninggal dunia selama arus mudik Lebaran, sejak 29 Juni hingga 5 Juli 2016 di wilayah Kabubaten Brebes, Jawa Tengah.

Sebagian dari korban tersebut meninggal saat kemacetan parah. (Baca: Ini Daftar 17 Orang yang Meninggal dalam Arus Mudik di Brebes)

Kepala Pusat Krisis Kemenkes RI Achmad Yurianto melalui keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan para korban meninggal dunia.

“Kelelahan dan kekurangan cairan dapat berdampak fatal, terutama untuk kelompok rentan seperti anak-anak, orangtua, dan mereka yang memiliki penyakit kronis (hipertensi, diabetes, atau jantung),” ujar Yurianto.

(Baca: Soal 12 Orang Meninggal Akibat Kemacetan di Jalan Tol, Ini Kata Jonan)

“Ditambah kondisi kabin kendaraan yang kecil, tertutup, dan pemakaian AC yang terus-menerus. Hal ini akan menurunkan kadar oksigen dan meningkatkan CO2,” tambah dia.

Kompas TV Tol “Brexit” Kacau, Pemerintah Tidak Siap Arus Mudik?

Sumber: http://nasional.kompas.com
Artikel tentang Tolak Pemberitaan “Mudik Maut”, Polri Telusuri Data Pemudik Tewas ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Nasional, terima kasih telah meluangkan waktunya.