Wamenkeu: Tunjangan Petugas Pajak Tinggi Karena Lawannya Tak Mudah

Wamenkeu: Tunjangan Petugas Pajak Tinggi Karena Lawannya Tak Mudah – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Bisnis.
Jakarta -Dua petugas pajak dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga, Parada Toga Fransriano Siahaan dan pegawai honorer Kantor Pelayanan Pajak Gunung Sitoli Soza Nolo Lase harus kehilangan nyawa saat menjalankan tugas. Keduanya dibunuh oleh pengusaha bernama Agusman.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menilai, pekerjaan sebagai petugas pajak tidaklah mudah. Maka dari itu, wajar bila petugas diberikan insentif berupa tunjangan kinerja yang lebih besar dibandingkan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya.

“Dia pahlawan devisa negara dan risiko cukup besar, jadi kalau diberikan insentif yang cukup besar ya normal. Karena dia lawannya juga orang yang tidak mudah,” ungkap Mardiasmo, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Mardiasmo menjelaskan, masyarakat pada umumnya tidak senang membayar pajak. Sehingga memungkinkan terjadinya perlakuan tidak menyenangkan oleh Wajib Pajak (WP), bahkan penusukan terhadap petugas pajak.

“Umumnya orang bayar ajak itu nggak senang. Masih ada resistensi,” tegasnya.

Di samping itu, besarnya insentif bertujuan agar petugas pajak terhindar dari upaya sogokan dari wajib pajak yang ingin melanggar aturan.

“Kalau dia sudah dapatkan hak dengan baik maka dia tak mudah disogok. Tinggal integritas, kadang sogokannya juga besar. Makanya integritas juga. Itu risiko jabatan,” paparnya.

Mardiasmo juga mengharapkan bantuan dari aparat penegak hukum untuk memberikan perlindungan fisik kepada petugas pajak. Khususnya yang berada di daerah-daerah.

“Oleh karena itu petugas harus dilindungi dengan aparat penegak hukum dan lainnya,” tegas Mardiasmo.

(mkl/drk)

Sumber: http://finance.detik.com
Artikel tentang Wamenkeu: Tunjangan Petugas Pajak Tinggi Karena Lawannya Tak Mudah ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Bisnis, terima kasih telah meluangkan waktunya.