‘Zaman Dulu, Aktor Dan Sutradaranya Memang Serius’

‘Zaman Dulu, Aktor dan Sutradaranya Memang Serius’ – selamat datang di blog Discuz .ID | Media Informasi Terbaru yang menyajikan berita teraktual dan terkini yang dimuat pada sub topik pembahasan Hiburan.

0064780e 0509 4e97 ba97 ca28893e5f90 43 » 'Zaman Dulu, Aktor Dan Sutradaranya Memang Serius'

Jakarta

Menggarap restorasi film-film Indonesia di masa lalu membuat tim Jakarta Prima Digital (JPD) berujung pada satu kesimpulan soal perbedaan film dulu dan kini. Apa kata meraka?

Diwakili oleh dua pimpinannya, Technical Manager Edwin Theisalia dan Production Manager Andre Blackham, menceritakan kepada detikHOT bahwa film-film lama itu digarap dengan lebih serius. Ditambah lagi, para aktor yang terlibat dinilai benar-benar bisa berakting.

“Zaman dulu, aktor dan sutradaranya itu memang serius. Kelihatan banget dari persiapannya, jadi, bikin film benar-benar serius. Waktu itu kami pernah ngobrol sama Ibu Dewi Irawan sama Mas El Manik, mereka cerita treatment-nya dari dua minggu sebelum syuting itu sudah ada di lokasi. Mereka diminta hidup dengan cara orang setempat sehingga hasilnya sangat natural,” cerita Andre.

“Terus artisnya itu benar bisa akting. Mungkin ya karena zaman dulu director-nya kan lebih galak, director-nya juga beneran. Kalau sekarang banyak yang ‘abal-abal’, kalau syuting, main take-take aja. Kalau ngomong ceritanya, jujur kata bagusan cerita film lama,” tambah rekannya, Edwin.

6970e7dd 1831 4d4f 92bd 56e649cf144b 169 » 'Zaman Dulu, Aktor Dan Sutradaranya Memang Serius'Salah satu hasil restorasi untuk film ‘AADC?’ / dok. JPD

Malahan, menurut dua pria yang sudah melakoni restorasi film sejak 3,5 tahun lalu itu, produksi film sekarang terkesan menurunkan kualitas.

“Sekarang untuk syuting prosesnya lebih mudah, jadi ada kecenderungan menurunkan kualitas. Kalau dulu ketika semua terbatas, ketika sudah ‘action’, semua aktor dan kru pasti fokus,” tutup mereka.

Bersama JPD, Andre dan Edwin serta 28 orang lainnya memberi fokus untuk melestarikan film-film Indonesia. Sekitar 700 judul film sudah dimiliki JPD, 80 di antaranya telah berhasil di-restorasi menjadi digital. Koleksinya pun tak tanggung-tanggung, mulai dari film-film produksi awal 60-an sampai awal 2016.

“Film-film ini adalah sejarah, dan sejarah ini butuh kita untuk menjaganya. Dengan adanya restorasi ini, kita bersama-sama bisa menghidupi dan melestarikan film Indonesia ke depannya,” pungkas General Manager JPD, Desi Polla.

(mif/mmu)

Sumber: http://hot.detik.com
Artikel tentang ‘Zaman Dulu, Aktor dan Sutradaranya Memang Serius’ ini semoga dapat memberikan ide dan inspirasi serta jangan lupa untuk bergabung dengan media sosial kami untuk mendapatkan update terbaru terkait berita Hiburan, terima kasih telah meluangkan waktunya.